Dakwah,
penyebaran informasi, kontrol sosial merupakan bagian yang tidak terpisahkan
dari pers, sebagaimana fungsi pers itu sendiri terhadap masyarakatnya.
Pers
Islam sebagai media dakwah, tentunya tidak dibatasi pada sisi kepentingan
semata. Mengingat banyaknya
lapisan kultur, budaya dan agama di Indonesia, maka Pers Islam
cenderung menyesuaikan dengan pasarnya. Banyak media ini belum terlihat Pers Islam yang benar-benar
mencerminkan nilai Islam secara penuh, baik dari kemasan maupun isinya.
Terlepas dari kemasan ataupun tampilan,
keberadaan pers Islam sebagai media dakwah sedikit banyaknya telah berperan
aktif dalam pembentukan karakter bangsa Indonesia. Dan pers Islam disini
bukan hanya dilakukan oleh orang-orang yang semata-mata memang berhaluan
kesana, misalnya pesantren, ulama, dsb. Namun, kini banyak orang atau lembaga
yang tidak terlalu fokuspun banyak yang menerbitkan yang namanya pers Islam.
Tinggal disini kita harus membatasi, mana yang memang membawa kepentingan umat
Islam dan mana yang tidak. Dalam arti, menghindari pers Islam yang hanya
berorientasi pada kepentingan bisnis dan pasar semata.
Dakwah dapat didefinisikan sebagai
penyebarluasan ajaran atau paham, dan media merupakan alat penyebaran itu. Jadi
media dakwah adalah alat penyebaran ajaran atau paham. Maka, pengemasannya pun
harus benar-benar bisa diterima pembaca yang notabene memiliki banyak pilihan
untuk memilih media mana yang selayaknya dikonsumsi. Dalam artian, pers Islam
sebagai media dakwah harus bisa sedemikian mungkin untuk menarik simpati
pasarnya, dengan tentunya tidak melepaskan visi dan misinya sebagai media
dakwah.
Perkembangan media ini, memungkinkan terjadinya persaingan
ataupun perang media. Dan disini, peran pers Islam harus mampu menandingi dan
menetralisir segala kekeliruan yang dilakukan media lainnya. Sebagai media
dakwah, sudah semestinya pers Islam bersifat provokatif dan melakukan
agitasi-agitasi yang dapat mempengaruhi pembacanya dan ini dapat dilakukan
dalam berbagai cara serta pendekatan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar